Pemahaman
konsep mengacu pada pengetahuan yang mendasari struktur suatu masalah yang saling
berkaitan dan rangkaian ide yang menjelaskan dan memberi makna pada prosedur
yang dilakukan. Pemahaman konsep mampu menghubungkan ide yang baru dengan
ide-ide yang telah ada. Tujuan pemahaman konsep adalah agar ilmu pengetahuan
dan kemahiran yang dipelajari dalam suatu konteks dapat dipindahkan,
digeneralisasikan dan digunakan dalam konteks yang lain. Pemahaman konsep juga
memberi defenisi yang lebih jelas kepada suatu pembahasan.
Dengan
cara itu suatu pembahasan akan kelihatan lebih jelas, komprehensif dan
konsisten. Mengembangkan pemahaman konsep sangat penting agar suatu ilmu
pengetahuan yang dipelajari dalam satu konteks dapat digeneralisasikan untuk
digunakan dalam konteks yang lain. Menurut Raja Sulaiman dalam Trend Pengajaran
dan Pembelajaran Matematik menyatakan bahwa “pemahaman konsep dalam matematika
adalah ide atau pengetahuan suatu konsep matematika, perwakilan ide secara
simbol dan perhubungan antara satu ide dengan ide matematika yang lain”.
Pemahaman konsep siswa dapat diukur dan dilihat jika siswa tersebut mengetahui
apa yang seharusnya dibuat dan mengapa ia membuatnya.
Pendidikan
matematika melatih kita berfikir secara logis dan menyatakan apa yang ada di
pemikiran kita dengan jelas dan bagaimana kita berusaha memahami tujuan suatu konsep
matematika. Adapun prinsip pemahaman konsep matematika itu adalah:
a. Pengetahuan
tidak dibentuk secara pasif dan diterima saja oleh siswa tetapi perlu dibentuk
secara aktif oleh siswa.
b. Siswa
membina pengetahuan matematika yang baru dengan memperhatikan hubungan,
mengenali pola, dan membuat generalisasi.
c. Pembelajaran
menggambarkan suatu proses sosial di mana siswa terlibat secara langsung atau
tidak langsung dalam dialog ataupun diskusi.
Tujuan
guru mengajar adalah agar materi yang diajarkan dapat dikuasai dengan baik oleh
siswa. Bukan hanya siswa yang mempunyai kemampuan tinggi yang menguasai
pelajaran, tetapi seluruh siswa baik yang mempunyai kemampuan sedang maupun
rendah.
Oleh
karena itu guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang memungkinkan
siswa dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. Hal ini dapat dilakukan
dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat.
Active Knowledge Sharing merupakan
salah satu Strategi Pembelajaran Aktif yang membangun dan menciptakan
lingkungan pembelajaran yang positif dan kondusif. Semakin giatnya siswa
belajar, maka penguasaan siswa terhadap materi pelajaran akan semakin baik yang
pada akhirnya dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematika dan
hasil belajar matematika siswa.
Dengan
demikian, Strategi Pembelajaran Aktif tipe Active
Knowledge Sharing diharapkan mampu mempengaruhi prestasi akademik siswa
terutama kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, Sebagaimana pernyataan
yang mengungkapkan: “Strategi Pembelajaran Aktif tipe Active Knowledge Sharing adalah strategi yang digunakan untuk
melihat tingkat kemampuan siswa. Karena strategi ini digunakan untuk melihat
tingkat kemampuan siswa, maka peneliti menspesifikkan tingkat kemampuan ini
pada tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
No comments:
Post a Comment