Pembelajaran
kooperatif pada dasarnya mengajak peserta didik untuk bekerja sama atau
mendiskusikan penyelesaian suatu permasalahan, saling membantu dalam membangun
pengetahuan yang baru dengan mengintegrasikan pengetahuan lama masing-masing
individu. Sejalan dengan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op yang dalam pelaksanaannya
menuntut setiap siswa untuk dapat mengkomunikasikan ide matematika yang mereka
miliki. Komunikasi dan interaksi kooperatif diantara sesama teman sekelas akan
mencapai hasil terbaik apabila dilakukan dalam kelompok kecil, dimana
pertukaran diantara teman sekelas dan sikap-sikap kooperatif bisa terus
bertahan. Begitu juga dengan
co-op co-op yang merupakan salah satu
tipe model pembelajaran
kooperatif yang dalam prakteknya melakukan aktivitas pembelajaran kelompok yang
diorganisir oleh satu prinsip bahwa pembelajaran harus didasarkan pada
perubahan informasi secara sosial diantara kelompok-kelompok yang didalamnya
setiap siswa bertanggungjawab atas pembelajarannya sendiri dan didorong untuk
meningkatkan pembelajaran anggota-anggota lainnya. Berkomunikasi dalam suatu
diskusi dapat membantu kolaborasi dan meningkatkan aktivitas belajar dalam
kelas. Hal ini mungkin terjadi karena ketika siswa diberi kesempatan untuk
berkomunikasi dalam matematika sekaligus mereka berpikir bagaimana cara
mengungkapkannya dalam tulisan. Oleh karena itu keterampilan berkomunikasi
dapat mempercepat kemampuan siswa mengungkapkan idenya melalui tulisan. Dari
hal tersebut jelas bahwa model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op adalah model pembelajaran
yang cocok digunakan dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematika.
Proses
pembelajaran co-op
co-op akan mengakibatkan
terjadinya pertukaran ide dan pemikiran antarsiswa.
Hal ini akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pemahaman
matematikanya. Ketika siswa berfikir, merespon, berdiskusi, mengelaborasi,
menulis, membaca, mendengarkan, dan menemukan konsep-konsep matematika, mereka
mempunyai berbagai keuntungan, yaitu berkomunikasi untuk belajar matematika dan
belajar untuk berkomunkasi secara matematika. Hal demikian dapat diartikan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op memungkinkan
siswa dapat berkomunikasi matematika dengan baik.
No comments:
Post a Comment